Wednesday, June 15, 2011

Google Kembangkan Fitur Mesin Pencari

0 komentar
Google mengembangkan kotak search-engine (mesin pencari), yang selama ini masih dianggap 'polos'. Sejumlah fitur baru yang telah dipasang di smartphones, seperti pencarian gambar dan suara, akan menjadi fitur penting yang menjadi andalan mesin pencari Google.



Seperti dikutip stasiun berita CNN, alat pengenal-suara muncul dengan gambar mikrofon di sebelah kanan kotak pencari Google. Namun, voice-search ini baru tersedia di browser Google's Chrome. Petinggi Google pun berharap fitur ini bisa terpasang di browser lain.



Seperti di ponsel Android atau iPhone, pengguna mesin pencari Google tinggal mengklik ikon bergambar mikrofon di Google.com. Setelah itu, ucapkan kata atau pertanyaan ke mikrofon komputernya.



Teknologi ini juga akan ditingkatkan untuk mengenal aksen dan konteks, untuk mentranskip suara itu ke dalam teks.



Pencari berbasis gambar (Image Search) baru akan diluncurkan beberapa hari ke depan. "Setiap gambar memiliki cerita. Kami ingin membantu Anda untuk menemukan cerita tersebut," kata Johanna Wright, Direktur Google Search.



Image Search, misalnya, dapat 'melihat' foto liburan keluarga, kemudian mencari tahu di mana foto itu diambil. Teknologi Google mungkin memungkinkan banyak jawaban akan suatu gambar, tapi kesulitan dalam mengenal wajah dalam foto.



Lalu bagaimana cara menggunakan Image Search? Pengguna browser terbaru, dapat men-drag foto ke dalam kotak pencari Google. Fitur tambahan ini juga bisa digunakan dengan menginstal Google Toolbar di Firefox.



Selain itu, Google juga melengkapi diri dengan Instant Pages. Fitur ini akan memunculkan hasil pencarian sebelumnya, bahkan sebelum pengguna mengklik link itu. Fitur ini baru tersedia di browser Chrome



vivanews.com

Leave a Reply