Monday, December 26, 2011

Materi Fisika Modern Struktur Molekul

0 komentar
Ion molekul didefinisikan sebagai sekelompok atom yang berikatan dengan sangat kuat (kovalen) dalam susunan tertentu dan bermuatan netral serta stabil

Molekul dapat berikatan antara dua atom yang sama seperti O2 atau dua atom berbeda seperti H2O,

Atom-atom dan kompleks berhubungan secara non-kovalen, misalnya terikat oleh ikatan hidrogen atau ikatan ion secara umum tidak dianggap sebagai satu molekul tunggal.


Molekul H2 dan Ikatan Kovalen

A - H......B
Apabila jarak A-H lebih pendek di bandingkan jarak H-B,maka ikatan A-H merupakan ikatan kovalen. Ikatan H-B merupakan ikatan hidrogen apabila jaraknya lebih kecil dari jumlah jari-jari van der Walls atom H dan atom B.

Ikatan Kovalen
- Pada ikatan kovalen elektron-elektron yang terikat bukanlah milik suatu atom tertentu, melainkan dimiliki bersama oleh semua atom molekul atau  atom-atom yang saling berbagi "valensi"
- Penambahan sebuah elektron pada ion H2+ memberikan 2 akibat berikut : energi ikat H2 menjadi lebih besar dan kedua proton tertarik menjadi lebih dekat. Penyebab kedua akibat ini adalah bertambah besarnya kerapatan elektron pada daerah diantara kedua proton.
- Pada molekul H2, atom hidrogen berbagi dua elektron melalui ikatan kovalen.
- Kovalensi yang sangat kuat terjadi di antara atom-atom yang memiliki elektronegativitas yang mirip.

Sifat-SIfat Utama Ikatan Kovalen
- Ketika dua atom didekatkan, timbul interaksi antar elektronnya dengan akibat orbit atom serta tingkat energi masing-masing atom teralihkan menjadi orbit molekul; dua orbit atom yang identik dari kedua atom, sewaktu terpisah jauh, beralih menjadi dua orbit molekul yang berbeda.
- Pada salah satu orbit molekul itu, fungsi gelombang elektron bertumpang tindih sedemikian rupa sehingga energinya lebih rendah daripada energi total kedua atom sewaktu terpisah jauh. Inilah orbit
ikat yang membentuk molekul stabil.
- Orbit molekul lainnya (orbit antiikat) memiliki energi yang lebih tinggi daripada energi total kedua atom sewaktu terpisah jauh. Karena itu, orbit ini tidak membentuk molekul stabil.
- Asas larangan Pauli juga berlaku pada orbit molekul, tiap orbit molekul paling banyak dapat didiisi oleh dua elektron yang berkaitan dengan kedua arah berlawanan spin elektron.

Macam-Macam Ikatan Kovalen
1. Ikatan Kovalen Polar
Ikatan Kovalen yang terjadi antara dua atom yang berbeda, contoh HF, HF memiliki keelektronegatifan yang berbeda
2. Ikatan Kovalen Non Polar
Ikatan kovalen yang terjadi diantara dua atom yang sama, dan kelektronegatifan yang sama,, contoh O2
3. Ikatan Kovalen Koordinasi
Ikatan kovalen dengan elektron berasala dari satu atom, contoh BF3NH3

Ikatan Ionik
Yaitu tarik menarik antara ion positif dengan ion negatif oleh gaya elektrostatik, dikarenakan perbedaan antara muatan ion yang disebabkan perpindahan atom, sehingga ada yang kehilangan atom dan yang ada ketambahan atom, yang menimbulkan muatan positif dan muatan negatif,

Leave a Reply